Toko Lawang Agung, Pusat Kurma Terlengkap di Indonesia.

31 Jul

Bulan suci Ramadan telah menanti di depan mata, sudah menjadi pemandangan umum apabila kaum muslim Indonesia—khususnya di kota tercinta ini—ramai-ramai berburu sesuatu untuk dijadikan kudapan spesial, baik untuk berbuka maupun sahur. Di antara makanan tersebut, kurma adalah salah satu yang lazim ditemui. Buah yang tumbuh di kawasan gurun ini memang identik dengan bulan Ramadan karena memang konsumsi buah satu ini lumayan dianjurkan oleh agama. Selain itu, kurma juga terbukti secara klinis ideal sebagai asupan energi saat menjalani puasa.

Di antara toko maupun supermarket yang menjual kurma, ada sebuah pusat penjualan kurma di Surabaya yang mengklaim diri sebagai yang terlengkap di Indonesia, yaitu toko Lawang Agung. Terletak di daerah kampung Arab Ampel, tepatnya di Jalan Nyamplungan 75 Surabaya, toko ini bagaikan surga bagi mereka yang ingin berburu kurma untuk takjil maupun hanya ingin sekedar menjelajahi variasi buah asal jazirah Arab ini.

Di toko yang telah berdiri sejak tahun 1950-an ini, pembaca bisa menemui berbagai macam jenis kurma, bahkan ada lebih dari dua puluh jenis apabila stok sedang penuh. Mulai dari kurma asal Mesir yang ekonomis, kurma Tunisia yang legit dengan aftertaste  yang khas, hingga kurma Ajwa yang hitam manis dan konon bibitnya ditanam langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Harganya pun bervariasi, berkisar sekitar 15 ribu rupiah perkilo hingga ratusan ribu rupiah untuk yang paling mahal. Yang paling mahal biasanya berjenis ruthab atau setengah matang karena lebih lezat dan empuk. Penulis lalu membeli sekilo kurma Mesir seharga 20 ribu rupiah. Tapi harga ini juga bervariasi, tergantung dari tingginya permintaan pula, umumnya harga kurma melonjak menjelang hingga pertengahan Ramadan karena saat itulah kurma paling banyak dicari.

Selain menjual buah kurma, Toko Lawang Agung juga menjual berbagai macam produk berbau Arab lainnya seperti air zam-zam, madu yaman, hingga makanan khas Arab yang sudah dibekukan macam kebab atau sambosa. Hiasan bernuansa khas juga dapat ditemukan di sini, seperti teko dan gelas untuk menyajikan air zam-zam.

Tampilan Depan Toko Lawang Agung (source: tokolawangagung.blogspot.com)

Bagi yang ingin memelihara kesehatan, Toko Lawang Agung juga dikenal memiliki koleksi obat herbal alamiah yang diramu berdasarkan cara islami semacam kapsul habbatussauda (jintan hitam) yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit seperti hipertensi, gangguan ginjal, hingga mencagah timbulnya kanker.

“Sesungguhnya di dalam Habbatussauda terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian” {Shohih HR Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215, source: nurusy-syifa.com}

Akhirnya penulis juga membeli sekotak kebab beku, total ganti rugi yang harus dibayar adalah Rp35.000 untuk sekotak berisi sepuluh kebab, cukup hemat dibandingkan membeli per satuan yang bisa jadi  mahal.

Air Zam-Zam, Teko, Serta Gelas Minumnya. Semua Ada di Lawang Agung.

Kurma Mesir yang Penulis Beli dari Toko Lawang Agung. Siap Tempur!

Tentu saja Lawang Agung bisa menjadi solusi bagi pembaca yang selama ini mencari pusat penjualan kurma yang lengkap dan dapat dipercaya. Sembari kita menambah wawasan dengan berziarah ke situs religi Ampel, apa salahnya kita mencoba toko yang satu ini. Tunggu apa lagi, selamat berburu kurma di Toko Lawang Agung!

3 Tanggapan to “Toko Lawang Agung, Pusat Kurma Terlengkap di Indonesia.”

  1. Nurul 13 Mei 2012 pada 6:36 pm #

    Apakah disna ad alat untuk melukis mehendi

  2. logousaha 15 Juli 2012 pada 2:27 pm #

    semoga barokah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: