Surabaya

22 Jul

Kota kedua terbesar di Indonesia ini memiliki tempat khusus di hati penulis, bukan hanya karena di tempat ini penulis dilahirkan, namun karena adanya sebuah potensi luar biasa yang dimiliki oleh kota ini dalam menjadi sebuah metropolitan yang hebat. Seperti raksasa yang sedang dalam masa pertumbuhan, kalau boleh dianalogikan, terus bergerak dinamis menuju arus modernisasi.

Satu hal yang penulis cintai pula adalah betapa kota ini tetap memegang ciri khasnya, sebagaimana kota besar lain di Asia, Surabaya dalam pandangan penulis merupakan paduan yang indah antara modern dan tradisional, dan itu makin dipercantik dengan cultural diversity  yang tinggi dari penduduknya.

Banyak yang memprediksi bahwa di masa depan, Surabaya akan sejajar dengan kota penting dunia lainnya seperti Busan maupun Seattle.

Surabaya: Raksasa yang Sedang Tumbuh

Saat ini, Surabaya telah mempersiapkan citranya dalam menjadi kota penting di Asia Tenggara dengan jalan mempercantik penampilannya. Berbagai macam usaha sinergi rakyat dan pemerintah seperti “Surabaya Green and Clean” maupun “Sparkling Surabaya” menjadi salah satu faktor keberhasilan Surabaya dalam memperbaiki citranya. Karakter orang Surabaya yang bonek, termasuk rela melakukan usaha demi kemajuan kotanya, juga turut mengangkat nama Surabaya sehingga mampu go-nasional sebagai “The New Green City”.

Tak sia-sia, tahun ini total Surabaya berhasil memenangi lima penghargaan dalam kompetisi Adipura. Surabaya, yang sepuluh tahun lalu hanyalah dikenal sebagai kota besar yang gersang dan panas, kini dikenal sebagai salah satu kota terindah di Indonesia.

Bahkan mulai tahun lalu, program “Surabaya Berbunga” juga sudah mulai dijalankan. Apabila sinergi ini berlangsung konsisten, jangan heran jika lima tahun lagi predikat Kota Kembang akan hijrah ke Surabaya.

Taman Pelangi, Jalan Ahmad Yani.

Dalam bidang pariwisata, penulis selalu yakin bahwa Surabaya tak kalah dengan Yogyakarta atau bahkan Singapura sekalipun, kita bahkan memiliki potensi yang apabila digali tak kalah besar dibanding kota-kota tersebut. Yang kita butuhkan hanyalah adanya promosi gencar serta kebanggaan dari seluruh elemen masyarakat untuk memelihara keunikan kota ini, karena rasa bangga itulah yang selalu ada di balik kemajuan tiap kota lainnya.

Karena kita adalah duta bagi rumah kita sendiri. Dan kita akan berbangga apabila apabila suatu hari nanti kita melihat Surabaya sebagai ikon kemajuan bangsa ini pula.

Siapa tahu juga suatu hari nanti di Singapura akan ada kawasan hunian prestisius berjuluk “Suroboyone Singapura” yang terinspirasi dari keunikan Surabaya seperti “The Singapore of Surabaya” milik Ciputra Group?😉

That’s it, Surabaya adalah milik saya, anda, dan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: