Surabaya Akan Segera Punya Trem dan Monorel

13 Agu

Pemkot Surabaya sudah sejak lama ingin mengurai kemacetan yang terjadi di Basuki Rachmat dan Urip Sumohardjo dengan membangun underpass Pandegiling. Namun niatan itu terkendala dengan adanya bangun cagar budaya di Urip Sumohardjo sehingga underpass yang butuh lahan luas, tidak bisa diwujudkan.

Karena itu untuk menggantikannya, pemkot tetap akan membangun monorel di kawasan itu. Nantinya, monorel itu yang menjadi penghubung transportasi massal dari koridor Timur ke Barat. Bahkan lelang detail engineering design (DED) untuk proyek monorel sudah dijalankan.

Hal itu diakui Kepala Bappeko Surabaya Hendro Gunawan. Menurut dia, masalah transportasi alternatif di Surabaya ini sudah dibicarakan dengan para ahli atau pakar transportasi kota. Hendro menyatakan, dalam minggu ini lelang DED proyek yang bakal menginvestasikan triliunan rupiah, akan dilakukan.

Proyek itu nantinya akan dibangun investor, sehingga pemkot akan akan mengeluarkan anggaran sedikit pun. Pemkot hanya kebagian menyediakan kendaraan penghubung serta pembuatan lokasi parkir khusus pemberhentian monorel dan trem.

Pemkot berkeinginan menyediakan monorel untuk menghubungkan transportasi dari Timur ke Barat dan trem untuk koridor Utara-Selatan. Koridor Timur-Barat yang dihubungkan dari ITS-Kertajaya-Jl dr Seotomo-Mayjen Sungkono-Pakuwon Trade Centre. Sedangkan untuk trem menghubungkan Wonokromo-Jl Raya Darmo-Urip Soemohajo-Jl Basuki Rachmad-Jl Embong Malang-Jl Blauran-Jl Bubutan dan Tugu Pahlawan.

Peta Rencana Jalur Trem dan Monorel (source: skyscrapercity.com)

 

Monorel dan trem ini juga sebagai alternatif setelah penolakan pemkot atas tol tengah kota. Transportasi itu dianggap sebagai solusi terbaik untuk transportasi di Surabaya.

source: http://www.centroone.com/news/2012/1y/monorel-surabaya-segera-terwujud/

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: